Ketahui 9 Alasan Fatal Dalam Mendidik Anak


Ketahui 9 Alasan Fatal Dalam Mendidik Anak
Orang tua pasti semuanya telah mengetahui jika mendidik anak merupakan sebuah tanggung jawab yang sangat besar. Sebagai anugrah yang luar biasa yang telah diberikan tuhan untuk dijaga membuat kita sebagai orang tua haruslah bisa bertanggung jawab atas pemberian tersebut yaitu dengan membimbing membina serta mendidiknya dengan sebaik mungkin. Akan tetapi walaupun sudah ada banyak orang tua yang mengetahui jika mendidik anak merupakan sebuah tanggung jawab namun masih saja ada orang tua yang lalai dan menganggap remeh masalah seperti ini, hingga terkadang ia akan memberikan sesuatu pendidikan yang tidak baik untuk anak  karena kesalahan dalam mendidik. Mungkin setiap orang tua pasti selalu ingin yang terbaik bagi anaknya akan tetapi terkadang hal seperti itu sangatlah mudah sekali terjadi di lingkungan kita sekitar.

Seringkali orang tua akan mengatakan bahwa anak harus lebih baik dari dirinya sendiri entah itu dari ilmu pendidikan dan dalam segi apapun itu akan tetapi kenyataannya beberapa mendidik anak akan justru akan membuat  hal yang fatal.  Dan tentunya hal seperti itu  telah diikuti dengan beberapa alasan yang telah mendasarinya.  Maka saat anda  ingin memiliki anak yang baik sebaiknya menghindari 9 kesalahan fatal dalam mendidik anak.

Berikut ulasannya!

1.  Kurang pengawasan

 Kurangnya pengawasan dan perhatian orang tua kepada anak seringkali akan membuat anak terlalu banyak bergaul di lingkungan yang semua di luar lingkungan keluarganya.  Apalagi dengan rasa keingintahuan yang sangat besar di benak anak akan bisa membuat anak dengan mencoba berbagai macam hal, maka dari itu jangan biarkan anak Anda diluar sendirian,  dan selalu perhatikan anak anda.

2. Gagal mendengarkan

Tidak sedikit orang tua yang terlalu lelah dalam memberikan perhatian khusus pada anak, hingga cenderung ia pun kurang peduli pada apa yang telah dibuat pada anak.Kurangnya perhatian dari orang tua kepada anak akan membuat anak cenderung menjadi seorang pendiam, apalagi saat mereka terkena suatu masalah dan tidak ada yang mendengarkan pasti beban tersebut seperti telah menjadi suatu hal yang harus ia putuskan sendiri.

3. Meluruskan kesalahan anak

 Sebaiknya Anda membiarkan terlebih dahulu saat anda melakukan suatu kesalahan dan jangan langsung memberikan sanksi yang besar kepada anak,  sebab sering kali orang orang tua yang ingin meluruskan kesalahan anak akan justru membuat dampak yang fatal bagi seorang anak.

4. Terlalu berlebihan

 Berikanlah waktu untuk Anda bersama anak dan tidak terlalu berlebihan dengan apa yang telah anda lakukan. Perhatikan saat mendampingi anak, maka akan bisa memicu timbulnya kreativitas pada anak dan sebaliknya saat anda tidak mendampingi maupun memperhatikan kegiatan anak akan justru membuat anak mengalami suatu hal yg membahayakan bagi dirinya.

5. bertengkar di hadapan anak

Seberat apapun persoalan Anda sebaiknya hindari untuk bertengkar di hadapan anak. Perilaku orang tua yang seperti itu akan justru merusak dan mempengaruhi kesehatan mental anak serta akan memberikan anak suatu rasa yang tidak tentram dan tenang berada di dalam rumah.

6. Tidak konsisten

 Orang tua haruslah konsisten dengan apa yang telah diucapkannya, seringkali orang tua akan bertolak belakang antara ucapan dan perbuatan  dan tentu hal seperti itu akan menjadi sesuatu pendidikan yang akan berakibat fatal pada kesehatan seorang anak.

7. Mengabaikan kata hati

Masa lalu seorang ibu terkadang akan memiliki kepekaan yang tajam tentang anaknya,  dengan begitu penting sekali buat anda untuk mendengarkan kata hatinya dalam mendidik anak dan jangan pernah mengabaikan kata hatinya karena hal itu merupakan suatu pendidikan yang akan berakibat fatal pada seorang anak.

8. Terlalu banyak nonton TV

Sebisa mungkin untuk batasi anak saat menonton televisi dan jangan biarkan anak terus-terusan menonton televisi karena selain akan dapat mengganggu kesehatan, penglihatan, juga dapat mengganggu kesehatan fisiknya serta hal ini juga menjadi salah satu cara mendidik yang akan berakibat fatal.

9. Segalanya diukur dengan materi

Jangan pernah berpikir jika segalanya dapat diukur dengan materi, apalagi dengan mendidik anak seperti itu karena hal itu merupakan salah satu cara mendidik anak yang akan berakibat fatal yaitu pada kerusakan mental maupun kerusakan pemikirannya.

Demikian artikel kami mengenai ketahui 9 alasan fatal dalam mendidik anak. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.


Ditulis Oleh : RidhoF ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ketahui 9 Alasan Fatal Dalam Mendidik Anak yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

0 comments:

Post a Comment

Back to top