Cara Mengatasi Trauma Pelecehan Seksual Pada Anak


Beberapa kasus tentang pelecehan seksual pada anak seringkali menjadi kasus utama di beberapa media televisi,  entah itu di negara kita Indonesia maupun di negara-negara yang lainnya.  Karena memang saat ini pelecehan seksual terhadap anak sangatlah marak terjadi,  dan hal itu didasari berbagai macam alasan  dari para pelakunya.  Tentu hal seperti ini akan membuat anak merasa ketakutan saat berada di luar ruangan,  apalagi buat mereka yang sudah terkena pelecehan seksual seringkali mereka akan mengalami trauma entah itu trauma pisikologi maupun trauma di dalam  fisiknya.

Cara Mengatasi Trauma Pelecehan Seksual Pada Anak
Dengan trauma yang telah terjadi saat mereka terkena pelecehan seksual akan bisa dirasakannya dan berdampak pada beberapa tahun yang akan datang,  apalagi saat hal tersebut tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka bisa jadi anak akan merasakan trauma tersebut sehingga mereka beranjak dewasa. 

Akibatnya mereka akan memiliki mental yang kurang baik dan merasa dilecehkan didalam kepribadiannya secara mendalam.  Maka dari itu sebisa mungkin anak yang telah mendapatkan pelecehan seksual haruslah ditangani dengan cepat dan tepat eantah itu dengan cara membawanya ke prisikolog, penanganan selektif maupun dengan beberapa cara yang lainya.

Berikut ini adalah cara anda untuk mengatasi trauma pelecehan seksual pada anak :

1. Jangan mengisolasi anak
walupun anak telah mendapatkan pelecehan seksual, akan tetapi anda tidak boleh menjauhkannya dari kehidupan sosial. Hal ini justru akan membuatnya merasa kesepian sehingga kemungkinan besar untuk  terjadi suatu hal yang buruk bagi dirinya  di masa yang akan datang.
Maka dari itu sebisa mungkin usahakan untuk tidak mengisolasi anak,  dan berikanlah berbagai macam cara agar bisa membuat anak tetap ceria dan bermain seperti biasa agar  tidak melihat kembali  hal yang menimpa dirinya.

2. Alihkan pada kegiatan yang positif
 Seorang anak yang telah mendapatkan perlakuan yang tidak baik terkadang akan membuatnya menjadi murung dan tertutup dari biasanya,  dengan begitu agar anak tidak larut di dalam kesedihan yang mendalam serta rasa takut akan terkena hal seperti itu lagi maka alihkan anak pada kegiatan yang positif.  Dengan mengarahkan anak untuk melakukan hal-hal yang lebih positif akan bisa membuat anak menekuni hobi nya dan ia pun akan bisa teralihkan dari hal yang negatif yang dulunya pernah menimpa.

3.  Tetap optimis
 Sebagai orang tua pasti berbagai macam tindakan anda akan menjadi contoh bagi anak anda, maka dari itu anda pun juga tidak perlu terus menyesal serta menyalahkan segala sesuatu hal dan sepertinya Anda perlu tetap berperilaku optimis dan teruslah bersemangat untuk mengajari anak Anda agar sembuh dan trauma bisnisnya.  Dengan begitu akan memberikan anak peluang terbesar untuk ke sembuh dari pengaruh trauma yang mendalam di dalam benaknya.

4.  Hypnotherapy
 Dan cara yang terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengajak anak untuk melakukan hipnoterapi.  Hypnotherapy akan dapat mengandalkan sugesti pada pemikiran anak,  sehingga anak pun akan teralihkan dengan berbagai macam hal yang lainnya.  Dan cara ini pun telah banyak dilakukan dan diterapkan di dunia psikologi khususnya bagi anak-anak yang telah mendapatkan trauma psikis.

Itulah berbagai macam cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan penanganan pada anak yang terkena trauma akan pelecehan seksual.  Dan saat anda telah melakukan tahap tahap pertama hingga tahap ketiga dan tidak ada perubahan pada anak sebaiknya anda melakukan tahap yang terakhir karena tahap yang terakhir ini  akan bisa memulihkan kondisi anak yang dulunya terkena trauma.

Demikian artikel kami mengenai cara mengatasi trauma pelecehan seksual pada anak. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Ditulis Oleh : RidhoF ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mengatasi Trauma Pelecehan Seksual Pada Anak yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

0 comments:

Post a Comment

Back to top