Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak


Memiliki seorang anak yang telah kecanduan game akan membuat kita merasakan was was. Sebab dengan mereka kecanduan game tidak hanya akan mempengaruhi kesehatan hidupnya, akan tetapi juga akan mempengaruhi kesehatan mental dan jiwanya.  Hal itulah yang perlu kita perhatikan sebagai seorang tua,  orang tua tidak hanya memberikan berbagai macam yang diinginkan oleh anaknya, akan tetapi juga haruslah memberikan pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang baik buat mereka agar kedepannya mereka akan bisa bersikap,  bertindak, dan berperilaku yang baik.

Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak
Apalagi dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin berkembang membuat anak akan mudah berinteraksi dengan alat teknologi semacam gadget  yang bisa membuat dirinya terkoneksi dengan aplikasi game yang ada di dalamnya.  Maka dari itu penting sekali buat anda dalam melakukan pengatasan pada anak yang kecanduan game agar anak  tidak mengalami  beberapa bahaya dari game yang telah dimainkannya. Saat Anda belum Mengetahui berbagai macam cara dalam mengatasi kecanduan game pada anak Anda bisa mengatasinya dengan beberapa hal di bawah ini.

Berikut cara mengatasi kecanduan game pada anak :


1.  Alihkan perhatiannya
 Keberadaan orang tua sangatlah mempengaruhi keseimbangan  seorang anak, maka sebaiknya Anda mengalihkan perhatiannya  seperti dengan mengajaknya bermain di luar ruangan mengajaknya mengeksplorasi lingkungan atau mengajaknya untuk berkunjung ke beberapa objek wisata,  itu akan bisa membuat anak tidak terus-menerus berada di rumah, sebab saat mereka berada di rumah pasti mereka akan sering  berinteraksi dengan gadget mereka atau memainkan game. Selain itu agar anak tidak terus-terusan menghabiskan waktunya di rumah Anda pun juga bisa mengajak anak untuk mengikuti beberapa kegiatan olahraga atau kegiatan diluar sekolah yang iya sukai.

2. Tetapkan jadwal bermain
 Berikanlah waktu  beberapa jam untuk membuat anak bisa bermain di luar ruangan,  dengan begitu anak pun tidak terus-terusan hanya duduk di sofa dan menghabiskan waktunya untuk bermain game. Apalagi dengan memperlihatkan anak  dengan teman-teman yang telah bermain di luar ruangan pasti akan membuat mereka ingin bisa bermain dengan teman-temannya tersebut, yaitu dengan cara anak bermain di luar ruangan akan bisa membuat anak  beraktivitas fisik serta merasakan suasana yang segar dan sejuk tidak seperti halnya berada di dalam rumah.

3. Kunci dan amankan game dari jangkauan anak
Saat anak belum kecanduan permainan game, sebaiknya saat anak meminta gadget anda tidak memberikan,  dan saat anak sedang mengalami kecanduan game  mulai sekarang untuk Anda amankan dan kunci serta jauhkan game tersebut dari jangkauan anak anda. Berikanlah pengetahuan agar berbagai macam permainan diluar ruangan yang akan bisa membuatnya ingin bermain di luar lapangan,  dan ia pun akan meninggalkan permainan game yang ada di gadgetnya tentu ini akan bisa membuat anak anda semakin sehat dan terhindarkan dari bahaya buruk pengaruh gadget.

Dan itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kecanduan game pada anak,  dan sebaiknya anda melakukan penanganan saat sudah melihat beberapa tanda-tanda anak mulai kecanduan game, sebab saat anak mulai kecanduan game ada beberapa tanda yang ada pada dalam dirinya. Dan tanda-tanda tersebut seperti halnya mengabaikan kebutuhan pokoknya, menarik diri dari pergaulan, lupa mengerjakan PR dan tugas di rumah, serta lebih suka berada di dalam rumah.  Maka saat anda sudah mengetahui beberapa tanda-tanda anak kecanduan game tersebut sebaiknya Anda menanganinya seperti halnya yang telah kita pulas di atas.

Demikian artikel kami mengenai cara mengatasi kecanduan game pada anak. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Ditulis Oleh : RidhoF ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Back to top