Anak suka berbohong, mungkin ini alasan mereka



Anak suka berbohong, mungkin ini alasan mereka
Semua orang tua tidak ada yang menginginkan jika anaknya anaknya memiliki kebiasaannya tidak baik,  pasti sebisa mungkin para orang tua akan mengajarkan seorang anaknya untuk menjadi orang yang berbuat baik dan tidak melakukan hal yang senonoh. Namun seringkali seorang anak akan berbuat yang tidak baik seperti halnya berbohong walaupun usianya masih 4 tahun.

Meskipun pelajaran tentang buruknya berbohong telah diajarkan di beberapa sekolah namun hal seperti itu tidak  selamanya akan bisa diterima oleh anak,  apalagi saat pelajaran tersebut tidak diberikan dengan cara edukatif  ataupun dengan cara yang akan bisa ditelaah oleh anak-anak, maka anak tidak bisa memetik nilainya.

Walaupun pelajaran tentang buruknya berbohong telah diajarkan di beberapa sekolah, akan tetapi sebaiknya buat anda para orang tua haruslah mengajarkan anak dari dini.  Agar anak melatih dirinya untuk tidak melakukan kebiasaan berbohong.  Saat anak berbuat sesuatu pasti ada suatu alasan yang telah mendasarinya, dan seperti halnya saat anak berbohong pasti juga ada beberapa alasan yang telah mendasari seorang anak untuk melakukan kebiasaan seperti itu. Tahukah Anda apa yang telah mendasari seorang anak melakukan kebiasaan berbohong? saat Anda belum mengetahuinya anda perlu mengetahui beberapa alasan mereka. berikut ulasannya!

1. Takut dihukum
 Orang tua terkadang akan menghukum anaknya saat mereka berbuat kesalahan dan justru hukuman inilah yang akan membuat anak tidak mau mengatakan kebenaran.  Maka dari itu saat anda ingin mengajarkan anak tentang perilaku yang jujur sebaiknya Anda menghindari beberapa menerapkan hukuman pada seorang anak yang melakukan kesalahan.

2. Meniru orangtua atau tayangan televisi
 Seringkali anak akan meniru kebiasaan dari orang tuanya,  serta anak juga akan meniru berbagai macam hal yang dilihatnya, maka dari itu berikanlah contoh yang baik bagi anak Anda dan juga berikanlah tayangan yang baik yang akan memberikan beberapa nilai yang baik untuk anak.

3. Keinginan mendapatkan pengakuan
 Seorang teman terkadang akan memberikan  pengaruh yang besar apalagi dengan seorang anak di masa pertumbuhannya,  dan hal itulah yang terjadi saat anak bergaul dengan teman-teman yang suka berbohong maka dia pun juga akan bertingkah laku hal yang sama dengan teman-temannya, agar bisa mendapatkan pengakuan dari para temannya.

4. Ingin diperhatikan dan dipuji
 Kebutuhan akan perhatikan dan dipuji merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk anak, hingga sering kali anak akan berbuat beberapa hal yang tidak baik agar mereka bisa diperhatikan dan dipuji.  Maka tugas Anda sebagai orangtua yakni berikanlah perhatian dan pujian yang cukup untuk anak agar anak tidak melakukan kebiasaan yang tidak baik seperti halnya berbohong.

5. Tuntutan orang tua yang terlalu tinggi
Orang tua yang kurang memperhatikan seorang anak akan memberikan berbagai macam tuntutan yang terlalu tinggi pada anaknya, saat anak tidak mampu memenuhi tuntutan dari orang tua anak pun akan berbohong. Berikanlah tuntutan yang sewajarnya saja yang sesuai untuk anak Anda dan tidak terlalu tinggi atau berlebihan.

6.Daya imajinasi yang sangat tinggi
Terkadang daya imaji yang sangat tinggi juga akan membuat anak tidak mampu membedakan antara khayalan dan kenyataan,  hingga Ia pun akan  melakukan beberapa hal yang sebenarnya hanya menjadi khayalan belaka,  Dan ia pun akan berbohong.

Dan itulah beberapa alasan yang mendasari seorang anak memiliki kebiasaan berbohong.  Selain beberapa alasan diatas ada juga beberapa alasan yang lain yang juga telah mendasari anak untuk berperilaku bohong seperti halnya untuk mendapatkan keinginannya, melindungi teman, menutupi kekurangan pada dirinya dan  berbagai macam alasan yang lainnya yang telah mendasari seorang anak melakukan perbuatan berbohong.

Demikian artikel kami mengenai Anak suka berbohong, mungkin ini alasan mereka. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Ditulis Oleh : Fitra ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Anak suka berbohong, mungkin ini alasan mereka yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

0 comments:

Post a Comment

Back to top