Kisah Kerajaan Bernafas Bau


Kisah kerajaan bermulut bau
ilustrasi
 Pada zaman dahulu kala, di sebuah negri di selatan cina, ada kejadian aneh, raja dan semua rakyatnya malu untuk saling berbicara dan saling berkomunikasi, karena nafas mereka sangat bau.“Apakah wabah yang sedang menyerang negeri kita ini?” tanya raja ke rakyat dan pembesar kerajaan.Tetapi pembesar kerajaan dan rakyat, hanya bisa diam tanpa kata. Mereka takut untuk berbicara karena nafas mereka semua berbau tidak sedap.
 Pada suatu hari, di dalam taman kerajaan, putri raja bersama dayang-dayangnya keluar untuk bermain-main. Mereka semua bermain tanpa mengeluarkan suara sedikit pun,karena mulut mereka semuanya berbau tidak sedap. Tiba-tiba seekor burung murai terbang dan hinggap di sebatang pohon bunga. Burung murai itu bernyanyi dengan merdu nya. Ia seolah-olah sedang ingin berbicara dengan tuan putri.Tetapi Putri raja tetap diam dan tidak menghiraukan kicauan buung murai itu.

Murai itu berkicau lagi dan mematuk-matuk bunga yang ada di dahan pohon tempat ia hinggap.

Akhirnya puteri raja pun pergi mendekat ke pohon bunga itu. Bunga kecil itu diambil dan dimakannya. Selang beberapa hari setelah tuan putri memakan bunga itu, akhirnya bau tidak sedap di mulutnya hilang,bau mulut tuan putri pun mendadak berubah menjadi harum.
Raja pun heran dan bertanya kepada tuan puteri akan rahsia puteri baginda itu. Putri itu pun akhrinya menceritakan kejadian,sa'at dia memakan bunga itu ke baginda raja.Setelah mendengar cerita dari anaknya itu, Baginda raja langsung mencoba memakan bunga kecil itu,dan selang be-berapa hari akhirnya bau mulut raja pun hilang. Sejak itulah, baginda memerintahkan rakyatnya untuk menanam dan memakan bunga kecil itu.Dan sejak itu jugalah penyakit mulut berbau tidak sedap itu hilang. Semua rakyat pun bergembira,dan tidak malu untuk berbicara lagi.Raja juga memerintahkan rakyat menanam bunga itu. Akhirnya bunga itu menjadi hasil negeri. Bunga itu dikenali dengan nama bunga cengkih.

Pesan yang dapat di ambil :
1. Jangan pernah takut mencoba sesuatu hal yang baru.
2. Selalulah mencari hal-hal baru yang berguna.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Kisah Kerajaan Bernafas Bau yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

1 comments:

  1. artikel sangat bermanfaat bagi saya pelajari tentang cerita yang tadinya blm tau sekarang menjadi tau ....terimakasih....

    baca juga nie cerita cerita zaman dulu www.mahendri.com

    ReplyDelete

Back to top