Ingin Memuji Anak, Ini Cara Cerdasnya


Mendapatkan sebuah pujian akan bisa membuat anak merasa senang dan bahagia,  sebab dengan pujian anak akan merasa jika dirinya telah melakukan sesuatu hal yang benar dan baik,   dan dengan pikiran anak yang masih belia tentunya mereka pun juga ingin mendapatkan sebuah pujian minta itu dari orang tuanya maupun dari orang lain yang ada di dekatnya.
Ingin Memuji Anak, Ini Cara Cerdasnya
Akan tetapi seringkali orang tua akan ragu saat ingin memberikan pujian pada anaknya sebab mereka takut jika anaknya nanti bisa berbuat hal yang tidak baik,  karena anak merasa jika dirinya telah menjadi seorang yang baik.  Bahkan seringkali dengan pujian akan membuat anak malas, menyepelekan pekerjaan, besar kepala, sombong serta arogan.  Dan seringkali anak yang mendapatkan pujian akan melakukan berbagai macam cara agar bisa mendapatkan pujian lagi,  dan saat mereka tidak bisa melakukan hal seperti itu seringkali mereka akan mengalami kekecewaan  dan tentu hal seperti itu akan sangat mengganggu keseimbangan sikap psikologi pada seorang anak.

 Maka penting sekali buat Anda  dalam memberikan pujian yang baik dan tepat serta sesuai untuk anak.  Beberapa cara yang baik dalam memberikan pujian untuk anak akan kami berikan informasinya untuk Anda dan anda pun bisa menjadikan beberapa cara ini sebagai tips untuk anda dalam membimbing dan membina anak saat memberikan sebuah pujian bagi anak anda.

Berikut caranya!


1. Tulus

 Sebisa mungkin untuk memberikan pujian yang tulus pada seorang anak, dengan memberikan pujian yang tulus akan bisa membuat dirinya  telah mendapatkan pujian yang baik dan tidak serta merta akan membuatnya melakukan hal yang buruk.

2. Spesifik

 Dalam memberikan pujian pada seorang anak sebaiknya haruslah jelas dan detail,  agar anak bisa menelaaah setiap kata perkata dari  apa yang telah kita berikan pada seorang anak dengan begitu anak pun akan mendapatkan pujian yang baik.

3. Spontan

 Dan penting sekali buat anda dalam memberikan sebuah pujian yang sehat kepada anak setiap saat untuk memunculkan karakter baiknya Hal ini tentu akan memupuk sikap baik pada diri seorang anak dan menghindarkan anak dari perbuatan yang tidak baik.

4. Tidak ada pesan tersembunyi

 Dalam memberikan sebuah pujian pada anak sebisa mungkin untuk tidak memberikan suatu pesan yang tersedia tidak dilakukan untuk menyindir orang lain atau membanding-bandingkan,  sebab jika hal itu anda lakukan akan bisa merusak keseimbangan motorik di dalam diri anak.

5. Fokuskan pada keuntungan diri sendiri

 Arahkan pujian Anda pada anak dengan keuntungan dia yang memiliki sikap yang baik,  dengan begitu akan memberikan anak suatu pelajaran tentang berbagai macam hal yang baik yang harus ia lakukan.

6. Tidak memanipulasi

Berikanlah sebuah pujian dengan tepat dan bukan untuk keuntungan orang lain, dengan cara ini akan menjadikan seorang anak telah mendapatkan suatu pujian yang memang diperuntukkan untuk dirinya dan hal ini juga telah menjadi salah satu pujian terbaik untuk anak.

7. Puji akan usahanya bukan hasilnya

Sebisa mungkin untuk anda dalam memuji usahanya dan bukan hasilnya,  dengan begitu akan bisa memberikan anak suatu pujian yang memang telah dilakukannya bukan hasil dari apa yang dibuatnya.

Hal-hal seperti itulah yang bisa anda lakukan dalam membuat anak menjadi lebih cerdas dengan pujian yang telah anda lontarkan kepada mereka, dengan berbagai macam cara-cara tersebut akan bisa membuat anak menerima pujian dengan baik yang lebih cerdas dan hal itu yang akan membina pemikiran di dalam motoriknya.

Demikian artikel kami mengenai cara cerdas memuji anak. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Ditulis Oleh : RidhoF ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ingin Memuji Anak, Ini Cara Cerdasnya yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

0 comments:

Post a Comment

Back to top