SALAM DAMAI DARI NEGRI DONGENG


Assalamu'alaikum...
Apa kabar sobat setia negri dongeng? Sehat? Baik? Saya harap semua selalu dalam keadaan sehat dan baik selalu.

Alhamdulillahirobbil'alamin..Pada malam ini saya sebagai penulis blog negri dongeng bisa menyapa sobat semua lewat tulisan sederhana ini.Niat saya pribadi tentunya ingin lebih komunikatif dengan pembaca.
Karena sejak awal blog ini mulai saya buat,isinya hanya berupa cerita dan dongeng saja tanpa ada perkenalan atau semacamnya.
Dan lewat posting ini saya ingin memperkenalkan diri saya kepada sobat semua,agar bisa terjalin silaturahmi yang kuat antara kita.
Mungkin sobat akan bilang.."sudah telat kang..Emang kemaren-kemaren dari mana aja?".
Yah..Mungkin memang benar semua sudah telat,tapi lebih baik telat dari pada tidak sama sekali.Iya to? Hehehe..
Lewat posting ini saya ingin memperkenalkan diri,menyampaikan ide,opini,dan uneg-uneg saya.Dan saya harap sobat setia negri dongeng memberikan komentar sebagai masukan bagi saya dan tentunya untuk membangun blog ini agar lebih baik dan bermanfa'at ke depan nanti. :)


Nah sobat negri dongeng..Perkenalkan,nama saya muhammad rifa'i.
Atau saya lebih suka di panggil kang bahlul.
"Lho..Kenapa bisa di panggil kang bahlul?".
Nah..Begini alasanya..Di tengah zaman sekarang yang mayoritas orangnya pada waras,atau minimal ngaku-ngaku waras...Saya ingin menjadi yang unik dan lain.Kan orang waras sudah banyak,jadi saya daftar jadi "anggota" orang-orang bahlul biar dunia bisa seimbang.Antara waras dan bahlul..Hahaha :D

Terus..Saya ini bukan orang yang berpendidikan.Cuma lulusan SD,tanpa pernah mengenyam bangku SLTP apa lagi SLTA.Jadi sudah pasti jelas saya bukan sarjana.
Saya hanya lulusan sebuah pesantren di daerah jawa tengah, FADHLU WAHID itu nama pesantren saya dulu.
Pesantren saya dulu adalah pesantren salaf dan tradisional,tiap hari hanya mempelajari ilmu nahwu dan fiqh.
Adapunt kitab yang di pelajari adalah kitab kuning gundul,alias kitab kosongan tanpa harokat.
Saya alumni tahun 2007-2008 setelah 8 th jadi santri.

"Terus setelah lulus apa sampean jadi ustadz atau kyai kang?".

Hahaha..Tentu sajaaaaaa..TIDAK.. ^_^.
Mungkin sobat berfikir saya santri gagal.
Yah mungkin begitu,bahkan orang tua saya juga berfikir begitu.Tapi sebenarnya saya punya alasan lain tentang pendapat sobat ataupun orang tua saya.
Kalau saya boleh membela diri,sebenarnya begini...

Saya dulu ketika ke pesantren adalah dengan keinginan saya sendiri,bukan karena dorongan orang tua.
Waktu itu usia saya masih terbilang kecil,soalnya saya baru lulus SD.
Aslinya baik guru ataupun orang tua saya menginginkan saya meneruskan ke tingkat SLTP.Maklum..Jelek-jelek begini saya ranking satu brow..Jadi bisa di bilang dulu saya anak yang lumayan cerdas. "^_^"

Tapi karena melihat akhlak dan moral anak-anak desa saya yang masuk SLTA ataupun SLTP bisa di bilang ugal-ugalan,saya jadi nyadar..Bahwa saya tak ingin jadi seperti mereka.
Jadi saya putuskan untuk masuk pesantren saja,karena "benteng" yang paling kuat menahan hawa nafsu manusia adalah "agama".
Jadi..Saya masuk pesantren dengan niat mencari "benteng" kehidupan,bukan biar jadi ustadz atau kyai.
Faham sodara-sodara..? Hehehe

Setelah saya lulus pesantren,saya putuskan untuk ganti mencari "ilmu dunia".Yaitu ilmu untuk mencari nafkah dan rizki yang barokah tentunya.

Saya lulus tepat umur 20 th,setelah itu saya bekerja serabutan.Apa saja saya kerjakan.Saya tidak memikirkan upah waktu itu,tapi yang saya tuju adalah "saya ingin belajar".
Jadi bulan pertama saya kerja di jakarta,ikut kerja catering.
Setelah 20 th lamanya saya tak pernah tahu "wajah dunia",baru itulah bulan pertama saya melihat dunia luar.
Tapi hanya bertahan 1 bulan saja saya langsung pulang.Kehidupan ibu kota yang terkesan "seronok" membuat saya tak kerasan karena saya terbiasa hidup "katrok".

Nah..Setelah itu saya lari..Merantau ke kalimantan.
Lho..Lho..Lho..Seumur-umur saya tak pernah membayangkan apa lagi sampai mimpi merantau ke kalimantan.
Kalimantan kan daerahnya masih hutan,sepi tak seramai jawa..Ah gak sudi.Begitu dulu fikir saya..Hehehe
Tapi karena takdir sudah ada yang mengatur,jadi mau tak mau harus di ikuti.
Di kaltim saya kerja serabutan juga.
Saya pernah jadi kuli bangunan,pemikul kayu di hutan,ngrintis hutan,jadi tukang minyak tanah,jadi pedagang besi tua,pernah jadi EO,pernah kerja di kaca seni(paling lama),kerja manen sawit,kerja keliling jual beras,jadi penjual air galon keliling,dan sekarang saya kerja ikut interior.
Sudah tak terasa 5 tahun telah berjalan,dan hingga saya sadari..UMUR SAYA tak lagi MUDA.
Dan anehnya..Sampai umur setua ini,saya belum pernah pacaran.
Karena sejak kecil gak pernah gaul dengan teman cewek,saya jadi takut sama cewek,malu..
Yah..Tapi itu termasuk berkah buat saya..Karena al-haya'u minal iman..Malu adalah sebagian dari iman.
Jadi..Ada yang minat nyariin isteri buat ana? Hahaha.. :D


Tapi di tengah-tengah kesibukan saya bekerja,saya tak diam begitu saja tanpa mengamalkan ilmu yang saya miliki.Saya juga ingin membaginya.
Waktu saya kerja di kaca,saya juga nyambi jadi guru ngaji di malam hari.Kegiatan itu berlangsung sampai kerja jualan galon.
Tapi setelah pindah kerja..Semua berhenti karena saya juga harus pindah tempat.Jadi saya tinggal semua murid-murid manis saya "T_T".

Saya membuat blog ini juga termasuk untuk berbagi ilmu.
Saya ingin lewat dongeng-dongeng yang mengandung teladan di dalamnya,bisa membentuk karakter anak-anak dari kecil agar akhlaqnya baik.
Karena saya sadar..Merubah karakter anak-anak itu lebih mudah dari pada karakter orang dewasa.
Karena fikiran anak-anak itu masih lentur,tak "sekeras" ketika sudah dewasa.
Karakter saya sendiri aslinya suka ceplas ceplos dan lebih banyak bercandanya,maklum bawaan ketika di pesantren dulu.
Tapi karena blog ini saya dedikasikan untuk anak-anak,jadi saya berusaha berhati-hati dalam tiap kata.
Karena saya tak ingin memberi contoh yang tidak baik bagi anak.
Karena anak harus kita ajarkan berkata dan berprilaku baik dan lemah lembut..Itu arti singkatnya SOPAN SANTUN.
Dan saya harap semoga blog ini bermanfa'at dan tepat sasaran,terutama bagi orang tua yang ingin mendongeng pada anaknya atau kakak pada adiknya.
Karena lewat dongeng sederhana..Sifat dan cara berfikir anak bisa di arahkan ke hal positive.Hingga membentuk karakter anak yang akhlaqul karimah..Soleh dan solehah..Amiin..


"Kang..Kenapa blog ini di pasangi iklan.Jangan-jangan niatnya kang bahlul cuma buat nyari duit saja..".

Stop..!!
Jika sampai ada sobat yang berfikiran seperti itu,saya akan sangat merasa "tak di hargai".
Boleh saya bercerita?
Blog ini saya buat dari tahun 2010,dengan pemahaman minim dan biaya,waktu,dan tenaga yang tidak sedikit.
Karena satu niat saya.."saya ingin belajar" dan membuat hal yang bermanfa'at.
Jujur..Dulu saya membuat blog ini hanya sekedar untuk menyimpan semua koleksi dongeng yang pernah saya baca atau saya dengar ketika saya kecil.
Terus terang saya suka sekali dengan dongeng.
Dulu ketika saya kecil,bapak saya sering mendongengkan cerita ketika menjelang tidur.
Tentang dongeng si kancil,dongeng kerbau dan sapi,cerita nabi,dan masih banyak lagi.
Masih banyak dongeng yang belum sempat saya tulis di sini dan masih tersimpan di memori saya.Karena faktor kerjaan yang masih sibuk tentunya.

Mulai tahun 2010 awal saya buat blog ini,blog ini dulu benama www.kang-bahlul.blogspot.com,kemudian saya dapat subdaomain gratisan dari cahbag.us dan berubah lagi menjadi www.santri.cahbag.us.
Dan pada tanggal 30
Desember 2012 saya putuskan untuk beli domain sendiri seharga 110 rb dengan harapan nama blog ini mudah di ingat dan dapat menjangkau pembaca yang lebih luas.Jadilah blog ini sekarang bernama www.negridongeng.com


Dari 2010 tiap bulan saya mengeluarkan biaya 50 rb/bln untuk sekedar ke warnet update artikel.Maklum..Saya tidak punya laptop karena saya ini memang blogger miskin.
Tapi karena niat saya demi menata akhlaq anak-anak indonesia lewat dongeng (insya allah anak saya kelak termasuk di dalamnya.Karena hanya blog ini warisan yang bisa saya beri untuknya) agar moral anak-anak kita kelak bisa lebih tertata,saya harap do'a saya terkabul.Amiin.. :)

Nah..Sekarang coba sobat hitung-hitung berapa biaya yang saya keluarkan hanya demi sebuah blog? Dari 2010 sampe sekarang pengeluaran 50rb/bln di tambah domain,jadi apakah sobat masih berfikiran saya blogger matre?
Jujur saja ya sob..Dari awal saya jadi blogger sampai sekarang..Belum pernah saya ngicipi yang namanya "uang online".
Akun adsense saya saja dari pertama kali punya (kalau gak salah tahun 2011) sampai sekarang,cuma terisi $5,14.Apa lagi mengingat nice blog ini yang mengarah pada blog edukasi dan bukan tentang bisnis ataupun hal-hal lain yang menyangkut SEO,maka sepinya "donasi" sudah saya maklumi.
Penghasilan saya dari ngeblog jauh dari kata banyak apa lagi kaya.Cuma 5 dollar,hampir 4 th sob..Kebayang kan? Hahaha..

Yah saya maklumi..Orang indonesia itu mayoritas pelit "klik" kalau soal iklan,mungkin takut bloggernya cepet kaya kali ya.
Terkadang mereka tak sadar,bahwa informasi atau tiap hal yang mereka dapat,itu juga butuh mengerahkan tenaga,waktu,fikiran,dan pastinya juga biaya.
Apa salahnya memberi donasi pada penulis blog sebagai rasa terimakasih?Toh mereka tak di rugikan jugakan hanya dengan satu klik iklan saja?
Ini saya tujukan untuk kalangan global,bukan untuk blog ini saja..Karena saya bukan blogger matre.Saya syukuri apa yang saya dapat,baik sedikit atau banyak tetap saya syukuri..Yang penting mereka melakukanya dengan ikhlas :)
saya hanya mencoba memberi masukan untuk mengubah cara berfikir sobat dalam hal "menghargai" usaha orang lain.
Udah dulu curhatnya..Next..


Nah..Sekarang saya ingin meminta pendapat pada sobat negri dongeng.
Saya punya rencana ingin menambahkan 2 kategori baru di blog ini.
Yaitu CERITA PETUALANGAN yang akan saya tulis sebagai cerita bersambung dan kategori FIQH ANAK yang berisi hukum-hukum dasar tentang syariat islam.
Karena di tujukan untuk pembelajaran anak-anak,jadi hanya hukum secara garis besar saja,agar mudah di fahami oleh anak-anak.
Tentunya yang di bahas tentang dasar-dasar syari'at islam seperti tata cara wudhu,syarat wudhu,syarat solat,tentang najis,dan lain sebagainya.

Kategori ini ingin saya tambahkan sebagai rasa terimakasih saya kepada sobat negri dongeng,karena ada beberapa sobat setia yang sudah sudi memberi "donasi".
Yah lumayan..Rata-rata saya bisa dapat $0.10 perhari dari 1000 page view perhari blog ini,tapi kadang juga $0.00,gak tentu juga sih hahaha.. Tapi yang pasti saya ucapkan banyak-banyak TERIMAKASIH ya sob.. "^_^"d

Nah back to topic...Jadi saya minta pendapat dan masukan sobat tentang ide saya ini.Silahkan tinggalkan komentar ya sob,itu akan menjadi sebuah masukan yang sangat saya hargai demi blog ini agar bisa jadi lebih bermanfa'at. :)

Saya tunggu masukan sobat negri dongeng semua hingga 30 hari sejak posting ini saya buat.

So..Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk posting nggak penting ini,dan kang bahlul undur diri dulu.

Akhirul kalam..Wabillahittaufiq wal hidayah.. Wassalamu'alaikum wr.Wb "^_^"d

Ditulis Oleh : Anonymous ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul SALAM DAMAI DARI NEGRI DONGENG yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

3 comments:

  1. aslmlkm..
    salam kenal buat kang Bahlul. saya sedang tidak ingin berkomentar krn sejujurnya saya juga tidak tahu akan berkomentar apa,hehe..
    yang jelas saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kang Bahlul yang sempat memikirkan masa depan generasi kita selanjutnya. saya ingat, dulu. dulu sekali orangtua pernah bercerita tentang dogeng, tapi jika disuruh untuk mengulas saya sudah lupa sama sekali. blog ini mengingatkan saya tentang kancil dan para sahabatnya.
    pemilihan judul blognya bagus kang, negridongeng.com jadi kesannya kita lebih mudah mencari dan isinya cukup mewakili.
    tetap semangat kang Bahlul.
    salam bego.
    ngomong2 sekarang orang unik juga mulai merebak lho kang. sesekali keluar gih, jangan kelamaan di pedalaman kaltim,hehe....

    ReplyDelete
  2. wa'alaikum salam sob...yah,zaman memang sudah berubah dan waktu telah berganti.berganti ke "lebih maju" katanya..tapi menurut saya kok malah sebaliknya ya..hehehe..
    yah moga# dengan adanya blog ini,para agan2 yang waktu kecil dulu suka dongeng bisa sedikit bernostalgia.Zaman dulu itu biar orangnya pada katrok tapi kehidupan damai dan gak neko2.Bikin saya kangen ingin balik ke zaman dulu aja.Tapi kayaknya mustahil to? hahaha..
    ya..makasih buat dukungan semangatnya gan..kali ini ane belum bisa kalo di suruh balikkampung,selain kendala ongkos,juga karena seriuz nyari modal.Buat jaga2 sapa tau nanti ane mau nikah low dah keemu calon.Do'ain aja ya gan..
    Salam bahlul buat agan shcizo ... hehehe "^_^"d

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum..
    Sebelumnya sy ingin mengucalkan banyak terima utk kang bahlul atas dongeng2 nya yg mantab.. Terima kasih ya, semoga amalnya dilipatgandakan Allah Swt. Aamiin
    kedua,sy ingin kasih saran ke kang bahlul,blognya diisi iklan aja.. Sbg pendapatan kang bahlul jg yg sdh brrsusah payah meluangkan waktu nulis dongeng2 bagus.. Insya Allah nanti iklannya sy klik sbg tanda terima.kasih saya ke kang bahlul. Utk org2 yg sirik mau ngecap akang sbg blogger matre mah gak usah dipikirin kang.. Yg penting kita kan dinilai sm Allah,bkn oleh org2 yg gaje.. Heheheee.. Ttp cemungut ya Kang.. Semoga sukses ya,baik dlm ekonomi n dlm mencari istri yg solehah.. Aamiin

    ReplyDelete

Back to top