ASAL MULA GADING GAJAH


Sebenarnya pada zaman dahulu,gajah sebenarnya tidak mempunyai gading.Adapun kenapa sekarang gajah memiliki gading,ada kisah tersendiri yang menceritakan asal mula gading gajah.

Cerita ini di mulai pada zaman dahulu kala.Di sebuah hutan belantara yang lebat dan di huni oleh banyak binatang,tak terkecuali para binatang buas.

Adapun hewan yang paling kuat dan di takuti adalah singa dan harimau,mereka di juluki raja hutan oleh para penghuni hutan.Mereka sangat ganas dan tak segan memangsa hewan-hewan yang lebih lemah.

Dan dalam hutan itu juga ada gajah. Tubuhnya yang besar,kulit yang keras,dan gerakanya yang lambat sering mendapat ejekan dari para hewan-hewan yang lain. Dia menjadi bahan ledekan dan sering di tertawakan,hal ini pun sering membuat sakit hati si gajah. Dia merasa sedih dan berfikir dunia ini tidak adil padanya.Karena dia merasa di ciptakan sebagai hewan yang paling buruk dan tak di beri kelebihan apa-apa.

Si gajah tidak menyadari,bahwa tubuhnya yang besar dan kulitnya yang keras adalah kelebihan dan anugerah luar biasa yang dia miliki.Karena tubuhnya yang besar dan kulitnya yang keras,membuat para binatang buas tak berani mengusiknya.Bahkan singa dan harimau yang di juluki si raja hutan pun enggan untuk mendekatinya,apa lagi memangsanya.
Tapi sayang..Si gajah tidak menyadari akan hal itu.


Pada suatu hari dalam kesedihanya,si gajah duduk di bawah sebuah pohon besar.Dia meratap dan menyesali nasibnya.
Tiba-tiba ketika si gajah sedang asik berkeluh kesah,dia mendengar sebuah suara.

"Kenapa kau terlihat sedih begitu wahai gajah?Ceritakan masalah mu padaku,mungkin aku bisa membantu menyelesaikan masalah mu".

Si gajah pun terkejut,dia melihat sekelilingnya..Tidak ada siapa-siapa.Perasaan takut mulai menghinggapi hatinya.Dengan suara gemetar dia mencoba memberanikan diri untuk menjawab suara itu.

"Si..Siapa kau?".Tanya gajah tergagap.

"Aku adalah pohon tua di samping mu ini".Jawab suara itu yang ternyata adalah si pohon.

"Hah? Pohon? Bagaimana kau bisa berbicara?".Tanya gajah setengah tak percaya.

"Sang pencipta telah memberiku sebuah karunia untuk bisa berbicara.Selama ini aku diam mengawasi gerak gerik mu.Kau sering berkeluh kesah di bawah ku.Sebenarnya apa masalah mu? Mungkin aku bisa membantu.Ceritakanlah..!".Kata si pohon ajaib itu.

Lalu si gajah pun menceritakan semua hal yang di alaminya.Tentang para hewan yang selalu mengejek dan menertawakanya.Si pohon pun mendengarkan semua cerita si gajah dengan seksama.

"Lalu apa mau mu?Hal apa yang paling kau inginkan agar kau tak berkeluh kesah lagi?".Tanya si pohon ajaib.

"Aku ingin memiliki hal yang istimewa.Yang bisa ku jadikan senjata dan membuat ku berwibawa.Seperti tanduk pada banteng,kuku yang di miliki harimau,atau taring yang di miliki singa.Agar aku tak di ejek lagi".Kata gajah.

"Hmm..Begitu?Mungkin aku bisa membantu mu.Tapi apakah kau sudah yakin dengan permintaan mu?Apa kau sudah mempertimbangkanya dengan matang?
Karena apa yang kau minta tidak akan dapat kau hilangkan lagi".Kata si pohon ajaib mencoba memberi saran.

"Tekad ku sudah bulat..Jadi,apakah kau bisa mengabulkanya?".Kata gajah dengan mantab.

"Aku tak bisa mengabulkan permintaan mu.Tapi aku hanya bisa membantu memintakan pada sang pencipta agar keinginan mu terkabul".Kata pohon ajaib.


Setelah berkata demikian,si pohon ajaib pun diam dan berdo'a.Dia meminta agar keinginan gajah di kabulkan.

Tak lama setelah si pohon berdo'a,ada dua buah sinar yang turun dengan cepat dari langit.Sinar itu melesat bagai kilat dan langsung mengenai si gajah.
Dan setelah kejadian itu,tumbuhlah dua buah "taring" di mulut gajah.

"Nah gajah..Sekarang keinginan mu sudah terkabul.Kau memiliki senjata yang lebih kuat dari tanduk,lebih tajam dari kuku dan taring.Dan apa yang kau miliki itu ku namakan "gading".

Gajah pun kegirangan mendapati keinginanya terkabul.Diapun langsung berpamitan setelah mengucapkan terimakasih pada pohon ajaib.

Dia segera memamerkan gadingnya pada semua hewan.Hewan-hewan yang melihatnya di buat takjub.Bahkan kabar gading gajah yang sangat kuat membuat para binatang buas gemetar di buatnya.Mereka takut pada si gajah.
Tapi..Apa yang dia miliki kini membuat si gajah menjadi congkak dan sombong.Dia merasa hewan yang paling kuat dan tak ada yang mampu melawanya,bahkan singa dan harimau yang di juluki si raja hutan pun tak berani kepadanya.

Sampai pada ahirnya,gadingnya juga turun temurun di miliki anak cucunya.Kini usia gajah tak lagi tua.Dia mempunyai banyak anak dan puluhan cucu,semua mewarisi gadingnya.

Tapi..Seiring berjalanya waktu para pemburu mulai masuk ke hutan itu.Mereka memburu apa saja yang bisa di makan.Ketika mereka melihat para gajah,mereka takjub melihat keindahan gading gajah.Gading gajah sangat kuat hingga cocok bila di jadikan senjata.
Dan ahirnya merekapun mulai memburu para gajah,bukan untuk di makan..Tapi untuk di ambil gadingnya saja.
Tak urung anak cucu si gajah yang kini sudah tua pun mulai habis,mati karena di buru.
Si gajah tua melihat nasib yang menimpa anak cucunya merasa bersalah dan sangat menyesal.Ternyata permintaan yang dia inginkan dulu berakibat buruk pada ahirnya.Andai saja dia dulu tak punya gading,toh tetap tak ada yang berani mengganggunya.Tapi karena rasa kurang bersyukur membuatnya tetap merasa kurang.Dan kini yang dia dapat hanyalah sebuah penyesalan.


Lalu si gajah tua pun menemui si pohon ajaib,dia berharap agar permohonanya dulu dapat di batalkan.
Tapi sebagaimana yang pohon ajaib katakan dulu,apa yang sudah di minta tidak dapat di hilangkan.
Dan gajah pun hanya dapat mengisi sisa hidupnya dengan penyesalan karena kesalahanya.


Nah adek-adek yang manis,hikmah yang bisa kita ambil dari kisah ini adalah..

Belajarlah untuk bersyukur.Syukuri apapun yang kamu miliki dan jangan serakah akan suatu hal.Karena keserakahan hanya akan menyisakan penyesalan di kemudian hari.. :)

Ditulis Oleh : Anonymous ~ Dongeng dan cerita anak

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul ASAL MULA GADING GAJAH yang ditulis oleh Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Kumpulan Cerita Dan Dongeng Anak

0 comments:

Post a Comment

Back to top